Pengertian Limbah dan Pengelompokan Beserta Contoh Makalah

Pengertian Limbah dan Pengelompokan Beserta Contoh Makalah -  Halo teman-teman yang masih semangat belajar, kali ini saya akan mengajak belajar bersama mengenai Limbah. Limbah kita pelajari di bidang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, mengetahui jenis dan pengelompokan limbah sangat penting. Hampir setiap waktu kita berinteraksi langsung dengan limbah. Limbah bisa saja berasal dari lingkungan kita tinggal hingga pabrik-pabrik di sekitar kita.

Nah, dalam pembahasan kali ini, kita akan mempelajari penertian limbah hingga pengelompokan dan kadar bahaya yang ada di limbah itu sendiri.


Apa itu limbah?

Pengertian Limbah
Limbah merupakan sisa atau buangan dari suatu usaha dan atau kegiatan manusia. Hampir semua kegiatan manusia akan menghasilkan limbah. Limbah terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk dan perkembangan dunia teknologi dan perekonomian. Ketika limbah yang mencapai jumlah atau kinsentrasi tertentu, limbah yang dibuang ke lingkungan dapat berdampak negatif bagi lingkungan.

Pengertian Baku Mutu Lingkungan
Limbah dapat berdampak negatif jika jumlahnya melebihi ambang batas. Oleh karena itu baku mutu lingkungan yang dimaksut adalah dimana ambang batas/batas maksimum suatu zat atau komponen yang diperbolehkan berada di lingkungan agar tidak menimbulkan dampak negatif.
Jenis limbah yang berbeda dapat memiliki baku mutu yang berbeda di lingkungan. Berikut tabel berdasarkan jenis limbah:

Pengertian Limbah dan Pengelompokan Beserta Contoh Makalah


Pengelompokan Limbah

1. Pengelompokan berdasakan jenis senyawa
a. Limbah Organik
Limbah organik secara kimiawi adalah segala limbah yang mengandung unsur karbon ( C ), sehingga meliputi limbah dari semua mahkluk hidup alami yang artinya mudah membusuk. Seperti kotoran hewan dan manusia, tumbuhan mati, kertas. Namun untuk limbah alami seperti bahan organik buatan sintetik sulit membusuk tidak termasuk limbah organik. Misalnya plastik dan karet.

b. Limbah Anorganik
Adalah limbah yang tidak mengandung unsur karbon. Seperti logam misalnya limbah mobil bekas dan limbah bekakas rumah tangga. Dengan demikian limbah anorganik merupakan segala limbah yang tidak dapat atau sulit terurai/membusuk secara alami.


2. Pengelompokan Berdasarkan Wujud
a. Limbah cair
Limbah cair adalah segala limbah yang berwujud cairan, berupa air beserta bahan-bahan buangan lainnya yang tercampur maupun terlarut ke dalam air. Limbah cair dapat diklasifikasikan menjadi 4 kelompok, yaitu :

  • Limbah cair domestik: limbah cair hasil buangan dari perumahan. Contoh: air deterjen, air tinja.
  • Limbah cair industri: limbah cair hasil buangan industri. Contoh: sisa pewarnaan tekstil.
  • Rembesan dan luapan: limbah cair yang berasal dari berbagai sumber yang memasuki saluran pembuangan limbah cair melalui rembesan ke dalam tanah atau melalui luapan dari permukaan air.
  • Air hujan: limbah cair yang berasal dari aliran air hujan di atas permukaan tanah. Karena alirannya bisa membawa partikel atau cairan sehingga terbawa dan bercampur.

b. Limbah Padat
Limbah jenis ini sering kali dijumpai di lingkungan. Biasanya limbah ini berupa sampah yang berbagai bentuk dan jenisnya. Limbah padat dikelompokkan 6 jenis sebagai berikut:

  • Sampah organik mudah busuk: limbah padat semi basah yang mudah membusuk atau terurai mikroorganisme.
  • Sampah anorganik dan sampah organik tak membusuk: merupakan limbah organik dan anorganik yang kerisng dan susah membusuk atau terurai.
  • Sampah abu: limbah yang berupa abu dari sisa pembakaran.
  • Sampah bangkai binatang: semua limbah yang berupa bangkai binatang mati.
  • Sampah industri: semua limbah yang berasal dari buangan industri.

c. Limbah gas
Limbah gas merupakan limbah yang dihasilkan dari industri atau lainya yang terbuang di udara. Macam-macam limbah gas tersebut bisa dilihat di tabel berikut:

Pengertian Limbah dan Pengelompokan Beserta Contoh Makalah

Limbah gas yang dibuang ke udara biasanya membawa partikel-partikel kecil berupa abu atau cairan kecil. Biasanya disebut sebagai materi partikulat.


3. Pengelompokan berdasarkan sumber

  • Limbah domestik: limbah yang berasal dari pemukiman penduduk.
  • Limbah industri: limbah yang dihasilkan dari pembuangan industri.
  • Limbah pertanian: limbah dari kegiatan pertanian seperti senyawa organik atau pupuk yang digunakan.
  • Limbah pertambangan: limbah yang dihasilkan dari kegiatan penambangan berupa material buangan logam dan batuan.


4. Limbah bahan berbahaya dan beracun ( B3 )
Merupakan limbah dari suatu kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun, yang karena sifat dan atau konsentrasinya, baik secara langsung maupun tak langsung merusak lingkungan hidup, kesehatan, maupun manusia.
Limbah B3 dapat diklasifikasikan sebagai zat atau bahan mengandung satu atau lebih senyawa. Senyawa yang mudah meledak, pengoksidasi, amat sangat muidah terbakar, mudah terbakar dan lainnya.


Nah, itulah mengenai limbah yang sudah kita pelajari pada kesempatan kali ini, bagi teman-teman yang ingin mendapatkan materi serupa mengenailimbah yang sudah disusun seperti makalah bisa download dibawah ini. Jangan lupa bantu share ya agar teman-teman lainnya bisa membaca artikel ini. Selamat belajar teman-teman

0 Response to "Pengertian Limbah dan Pengelompokan Beserta Contoh Makalah"

Posting Komentar

Kurang jelas atau rikues artikel lain? silahkan teman teman tinggalkan komentar :)

Peraturan
- Komentar melalui moderasi
- Mengandung link Aktif tidak ditampilkan
- Komentar yang relevan dan sopan